LAMPIRAN I:
|
PERATURAN MENTERI NEGARA
PENDAYAGUNAAN
|
|||||||
APARATUR NEGARA DAN REFORMASI
BIROKRASI
|
||||||||
NOMOR 16 TAHUN 2009
|
||||||||
TANGGAL: 10 November 2009
|
||||||||
|
||||||||
|
UNSUR/ SUB UNSUR
|
KEGIATAN
|
KODE
|
SATUAN HASIL
|
ANGKA KREDIT
|
|||
PENDIDIKAN
|
||||||||
1.
|
Mengikuti pendidikan
dan memperoleh gelar/ijazah/akta
|
1.1
|
Doktor (S-3)
|
01
|
Ijazah
|
200
|
||
|
1.2
|
Magister (S-2)
|
02
|
Ijazah
|
150
|
|||
|
1.3
|
Sarjana (S-1) /
Diploma IV
|
03
|
Ijazah
|
100
|
|||
2.
|
Mengikuti pelatihan
prajabatan
|
2.1
|
Pelatihan prajabatan
fungsional bagi Guru Calon Pegawai Negeri Sipil / program induksi
|
04
|
STTPP
|
3
|
||
PEMBELAJARAN/
BIMBINGAN DAN TUGASTERTENTU
|
||||||||
1.
|
Melaksanakan proses
pembelajaran
|
1.1
|
Merencanakan dan
melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran,
menganalisis hasil pembelajaran, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian
pembelajaran
|
05
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||
2.
|
Melaksanakan proses
bimbingan
|
2.1
|
Merencanakan dan
melaksanakan pembimbingan, mengevaluasi dan menilai hasil pembimbingan,
menganalisis hasil pembimbingan, melaksanakan tindak lanjut hasil
pembimbingan
|
06
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||
3.
|
Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi
sekolah / madrasah.
|
3.1
|
Menjadi Kepala
Sekolah/Madrasah per tahun
|
07
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||
3.2
|
Menjadi Wakil Kepala
Sekolah/Madrasah per tahun
|
08
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.3
|
Menjadi ketua program
keahlian/program studi atau yang sejenisnya
|
09
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.4
|
Menjadi kepala
perpustakaan
|
10
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.5
|
Menjadi kepala
laboratorium, bengkel, unit produksi atau yang sejenisnya
|
11
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.6
|
Menjadi pembimbing
khusus pada satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan inklusi,
pendidikan terpadu atau yang sejenisnya.
|
12
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.7
|
Menjadi wali kelas
|
13
|
Laporan Penilaian Kinerja
|
Paket
|
||||
3.8
|
Menyusun kurikulum
pada satuan pendidikannya
|
14
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.9
|
Menjadi pengawas
penilaian dan evaluasi terhadap proses
dan hasil belajar.
|
15
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.10
|
Membimbing guru pemula
dalam program induksi
|
15.a
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.11
|
Membimbing siswa dalam
kegiatan ekstrakurikuler
|
16
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.12
|
Menjadi pembimbing
pada penyusunan publikasi ilmiah dan karya inovatif
|
17
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
3.13
|
Melaksanakan
pembimbingan pada kelas yang menjadi tanggungjawabnya (khusus Guru Kelas)
|
18
|
Laporan Penilaian
Kinerja
|
Paket
|
||||
PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
|
||||||||
1.
|
Melaksanakan pengembangan diri
|
1.1
|
Mengikuti diklat fungsional:
|
|
|
|
||
a.
|
Lamanya lebih dari 960 jam
|
19
|
1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3.
Sertifikat
|
15
|
||||
b.
|
Lamanya antara 641 s.d 960 jam
|
20
|
1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3.
Sertifikat
|
9
|
||||
c.
|
Lamanya antara 481 s.d 640 jam
|
21
|
1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3.
Sertifikat
|
6
|
||||
d.
|
Lamanya antara 181 s.d 480 jam
|
22
|
1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3.
Sertifikat
|
3
|
||||
e.
|
Lamanya antara 81 s.d 180 jam
|
23
|
1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3.
Sertifikat
|
2
|
||||
f.
|
Lamanya antara 30 s.d 80 jam
|
24
|
1. Surat tugas 2. Laporan deskripsi hasil pelatihan 3.
Sertifikat
|
1
|
||||
1.2
|
Kegiatan kolektif guru
yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru
|
|
|
|
||||
a.
|
Lokakarya atau
kegiatan bersama (seperti kelompok kerja guru) untuk penyusunan perangkat
kurikulum dan atau pembelajaran
|
25
|
Surat keterangan dan laporan per kegiatan
|
0.15
|
||||
b.
|
keikutsertaan pada
kegiatan ilmiah (seminar, kologium dan diskusi panel)
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Menjadi pembahas pada
kegiatan ilmiah
|
26
|
Surat keterangan dan laporan per kegiatan
|
0.2
|
|||
|
2)
|
Menjadi peserta pada
kegiatan ilmiah
|
27
|
Surat keterangan dan laporan per kegiatan
|
0.1
|
|||
c.
|
Kegiatan kolektif
lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru
|
28
|
Surat keterangan dan laporan per kegiatan
|
0.1
|
||||
2
|
Melaksanakan Publikasi Ilmiah
|
2.1
|
Presentasi pada forum
ilmiah
|
|
|
|
||
a.
|
Menjadi
pemrasaran/nara sumber pada seminar atau lokakarya ilmiah
|
29
|
Surat keterangan dan makalah pemrasaran
|
0.2
|
||||
b.
|
Menjadi
pemrasaran/nara sumber pada koloqium atau diskusi ilmiah
|
30
|
Surat keterangan dan makalah pemrasaran
|
0.2
|
||||
2.2
|
Melaksanakan publikasi
Ilmiah hasil penelitian atau gagasan
ilmu pada bidang pendidikan formal.
|
|
|
|
||||
a.
|
Membuat karya tulis
berupa laporan hasil penelitian pada
bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam bentuk buku
ber ISBN dan diedarkan secara nasional atau telah lulus dari penilaian BNSP.
|
31
|
Buku
|
4
|
||||
b.
|
Membuat karya tulis
berupa laporan hasil penelitian pada
bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam
majalah/jurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi.
|
32
|
Karya tulis dalam
majalah / jurnal ilmiah
|
3
|
||||
c.
|
Membuat karya tulis
berupa laporan hasil penelitian pada
bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam
majalah/jurnal ilmiah tingkat provinsi.
|
33
|
Karya tulis dalam
majalah / jurnal ilmiah
|
2
|
||||
d.
|
Membuat karya tulis
berupa laporan hasil penelitian pada
bidang pendidikan di sekolahnya, diterbitkan/dipublikasikan dalam majalah
ilmiah tingkat kabupaten/ kota.
|
34
|
Karya tulis dalam
majalah / jurnal ilmiah
|
1
|
||||
e.
|
Membuat karya tulis
berupa laporan hasil penelitian pada
bidang pendidikan di sekolahnya, diseminarkan di sekolahnya, disimpan di
perpustakaan.
|
35
|
Laporan
|
4
|
||||
f.
|
Membuat makalah berupa
tinjauan ilmiah dalam bidang
pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya, tidak
diterbitkan, disimpan di perpustakaan.
|
36
|
Makalah
|
2
|
||||
g.
|
Membuat Tulisan Ilmiah
Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya.
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Membuat Artikel Ilmiah
Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dimuat di media masa tingkat nasional
|
37
|
Artikel Ilmiah
|
2
|
|||
|
2)
|
Membuat Artikel Ilmiah
Populer di bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan
pendidikannya dimuat di media masa tingkat provinsi (koran daerah).
|
38
|
Artikel Ilmiah
|
1.5
|
|||
h.
|
Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan
formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya.
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan
formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal
tingkat nasional yang terakreditasi
|
39
|
Artikel Ilmiah
|
2
|
|||
|
2)
|
Membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan
formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan dimuat di jurnal
tingkat nasional yang tidak
terakreditasi/tingkat propvinsi.
|
40
|
Artikel Ilmiah
|
1.5
|
|||
|
3)
|
Membuat Artikel Ilmiah
dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya dan
dimuat di jurnal tingkat lokal (kabupaten/kota/ sekolah/madrasah dstnya).
|
41
|
Artikel Ilmiah
|
1
|
|||
2.3
|
Melaksanakan publikasi
buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman Guru:
|
|
|
|
||||
a.
|
Membuat buku pelajaran
per tingkat/buku pendidikan per judul:
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP
|
42
|
Buku
|
6
|
|||
|
2)
|
Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan
ber ISBN
|
43
|
Buku
|
3
|
|||
|
3)
|
Buku pelajaran dicetak
oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN.
|
44
|
Buku
|
1
|
|||
b.
|
Membuat
modul/diktat pembelajaran per
semester:
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Digunakan di
tingkat Provinsi dengan pengesahan
dari Dinas Pendidikan Provinsi.
|
45
|
Modul /diktat
|
1.5
|
|||
|
2)
|
Digunakan di
tingkat kota/kabupaten dengan
pengesahan dari Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten.
|
46
|
Modul / diktat
|
1
|
|||
|
3)
|
Digunakan di tingkat
sekolah/madrasah setempat
|
47
|
Modul / diktat
|
0.5
|
|||
c.
|
Membuat buku dalam
bidang pendidikan:
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Buku dalam bidang
pendidikan dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN.
|
48
|
Buku
|
3
|
|||
|
2)
|
Buku dalam bidang
pendidikan dicetak oleh penerbit
tetapi belum ber-ISBN.
|
49
|
Buku
|
1.5
|
|||
d.
|
Membuat karya hasil
terjemahan yang dinyatakan oleh kepala sekolah/madrasah tiap karya.
|
50
|
Karya hasil terjemahan
|
1
|
||||
e.
|
Membuat buku pedoman
guru
|
51
|
Buku
|
1.5
|
||||
3
|
Melaksanakan Karya Inovatif
|
3.1
|
Menemukan teknologi
tepatguna
|
|
|
|
||
a.
|
Kategori Kompleks
|
52
|
Hasil karya
|
4
|
||||
b.
|
Kategori Sederhana
|
53
|
Hasil karya
|
2
|
||||
3.2
|
Menemukan /
menciptakan karya seni
|
|
|
|
||||
a.
|
Kategori kompleks
|
54
|
Hasil karya
|
4
|
||||
b.
|
Kategori sederhana
|
55
|
Hasil karya
|
2
|
||||
3.3
|
Membuat / modifikasi
alat pelajaran / peraga / praktikum:
|
|
|
|
||||
a.
|
Membuat alat
pelajaran:
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Kategori kompleks
|
56
|
Alat pelajaran
|
2
|
|||
|
2)
|
Kategori sederhana
|
57
|
Alat pelajaran
|
1
|
|||
b.
|
Membuat alat peraga:
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Kategori kompleks
|
58
|
Alat peraga
|
2
|
|||
|
2)
|
Kategori sederhana
|
59
|
Alat peraga
|
1
|
|||
c.
|
Membuat alat
praktikum:
|
|
|
|
||||
|
1)
|
Kategori kompleks
|
60
|
Alat Praktik
|
4
|
|||
|
2)
|
Kategori sederhana
|
61
|
Alat Praktik
|
2
|
|||
3.4
|
Mengikuti Pengembangan
Penyusunan Standar, Pedoman, Soal dan sejenisnya
|
|
|
|
||||
a.
|
Mengikuti
Kegiatan Penyusunan Standar/ Pedoman/
Soal dan sejenisnya pada tingkat nasional.
|
62
|
SK
|
1
|
||||
b.
|
Mengikuti
Kegiatan Penyusunan Standar/ Pedoman/
Soal dan sejenisnya pada tingkat provinsi.
|
63
|
SK
|
1
|
||||
PENUNJANG TUGAS GURU
|
||||||||
1
|
Memperoleh
gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya
|
Memperoleh
gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya:
|
|
|
|
|||
a.
|
Doktor (S-3)
|
64
|
Ijazah
|
15,00
|
||||
b.
|
Pascasarjana (S-2)
|
65
|
Ijazah
|
10,00
|
||||
c.
|
Sarjana (S-1) / Diploma IV
|
66
|
Ijazah
|
5,00
|
||||
2
|
Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas
guru
|
Melaksanakan kegiatan
yang mendukung tugas guru:
|
|
|
|
|||
a.
|
Membimbing siswa dalam
praktik kerja nyata / praktik industri / ekstrakurikuler dan yang sejenisnya
|
67
|
laporan
|
0.17
|
||||
b.
|
Sebagai pengawas ujian
penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat :
|
|
|
|
||||
1)
|
sekolah
|
68
|
SK
|
0.08
|
||||
2)
|
nasional
|
69
|
SK
|
0.08
|
||||
c.
|
Menjadi anggota
organisasi profesi, sebagai:
|
|
|
|
||||
1)
|
Pengurus aktif
|
70
|
SK
|
1
|
||||
2)
|
Anggota aktif
|
71
|
SK
|
0.75
|
||||
d.
|
Menjadi anggota
kegiatan kepramukaan, sebagai:
|
|
|
|
||||
1)
|
Pengurus aktif
|
72
|
SK
|
1
|
||||
2)
|
Anggota aktif
|
73
|
SK
|
0.75
|
||||
e.
|
Menjadi tim penilai
angka kredit
|
74
|
DUPAK
|
0.04
|
||||
f.
|
Menjadi
tutor/pelatih/instruktur
|
75
|
2 Jampel
|
0.04
|
||||
3
|
Perolehan penghargaan/tanda jasa
|
3.1
|
Memperoleh Penghargaan/tanda jasa Satya Lancana Karya
Satya
|
|
|
|
||
a.
|
30 (tiga puluh) tahun
|
|
76
|
Sertifikat/Piagam
|
3
|
|||
b.
|
20 (dua puluh) tahun
|
|
77
|
Sertifikat/Piagam
|
2
|
|||
c.
|
10 (sepuluh) tahun
|
|
78
|
Sertifikat/Piagam
|
1
|
|||
3.2
|
Memperoleh
Penghargaan/tanda jasa
|
79
|
Sertifikat/Piagam
|
1
|
Info penting bagi warga SMPN 29 Medan - Mohon lihat daftar blog di sebelah kanan. dengan cara meng-klik
Jumat, 21 Agustus 2015
PEDOMAN PEMBUATAN SKP GURU - PERMEN PAN N0 16 THN 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar